Artikel

14 Manfaat dan Khasiat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Susu kambing merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan pembentukan sel. Komposisi susu kambing berbeda dari susu sapi karena kandungan total protein, kasein, lemak susu, mineral dan Vitamin A-nya lebih tinggi daripada susu sapi. Susu kambing mempunyai daya cerna lebih baik dibandingkan susu sapi. Ukuran globula lemak dan protein dalam susu kambing lebih kecil dibandingkan susu sapi sehingga lebih mudah dicerna. Susu kambing lebih bersifat alkali sedangkan susu sapi bersifat asam, kandungan gizi (protein, kalsium, vitamin dan mineral) susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Pembuatan susu kambing kedalam bentuk bubuk atau serbuk sendiri memiliki tujuan agar memiliki daya tahan penyimpanan yang lebih lama dan bisa dikonsumsi dikemudian hari. Seiring dengan kemajuan teknologi, cara pengolahan susu kambing menjadi bubuk juga mengalami pengembangan dengan sistem Evaporasi, Spray Dryer. Berbeda dengan produksi susu kambing cair tanpa dilakukan proses pengolahan menjadi susu bubuk, susu cair akan lebih tidak stabil selama masa penyimpanan baik sebelum atau sesudah sampai ke tangan konsumen.

Kambing Peranakan Etawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Etawa yang berasal dari india dan kambing asli indonesia. Kambing Peranakan Etawa merupakan kambing dwiguna yang dan mampu menghasiklan susu dan daging untuk di manfaatkan oleh manusia. Susu kambing etawa merupakan susu yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

Kesehatan tulang (mencegah osteoporosis)

Kalsium didalam susu kambing etawa sangat penting untuk kesehatan tulang. Densitas tulang merupakan ukuran yang menunjukkan kepadatan tulang. Apabila nilai densitas mineral tulang normal, maka resiko akan terjadinya fraktur dan osteoporosis akan lebih kecil. Kalsium dibutuhkan untuk proses pembentukan dan perawatan jaringan rangka tubuh serta kegiatan-kegiatan penting lain dalam tubuh.

Mengurangi kolesterol dalam darah

Mekanisme penurunan kadar kolesterol dipengaruhi adanya kandungan MCT (Medium Chain Triglycride) dalam susu kambing etawa. Asam lemak rantai sedang atau MCT ini akan langsung dibawa aliran darah melalui pembuluh darah vena dan dibawa ke organ hati untuk dimetabolisasi. Di dalam hati asam lemak ini hanya diproses untuk menjadi energi, bukan disimpan dalam bentuk cadangan lemak dan tidak diubah menjadi kolesterol. Energi yang dihasilkan digunakan untuk pembakaran seluler seluruh tubuh dan mengaktifkan semua kelenjar endokrin dan menstimulus sintesis insulin oleh pankreas. Perbaikan insulin dan hormon tiroid akan menurunkan kolesterol darah.

Menyehatkan lambung

Asam lemak rantai sedang atau MCT yang dikandung dalam susu kambing, akan sampai ke dalam saluran pencernaan dan karena ukuran molekulnya yang kecil dapat segera diserap melalui dinding usus tanpa harus melalui proses hidrolisis dan enzimatis.

Mengobati penyakit saluran pernafasan

Kandungan fluorine bermanfaat sebagai antiseptik alami yakni dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh sehingga bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk kesehatan jantung

Salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner (PJK) adalah hiperkolesterolemia, suatu kondisi dimana tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan aterosklerosis yaitu penyempitan pembuluh darah. Asam lemak MCT mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk penurunan kadar kolesterol yang mempengaruhi aliran darah jika kondisinya berlebih.

Mengencangkan kulit

Lemak susu kambing bermanfaat untuk melembabkan, mengencangkan. Hal ini karena gumpalan lemak susu kambing berukuran kecil sehingga memungkinkan penetrasi pada dermis (lapisan kulit tengah) sehingga dapat melembabkan, mengencangkan kulit.

Mencegah dan mengurangi jerawat

Asam laktat adalah asam alfa hidroksi (AHA) ringan yang berasal dari susu asam. Asam laktat membantu dalam mencegah dan mengurangi jumlah lesi jerawat. Mekanisme kerja asam laktat pada kulit berjerawat secara topikal yaitu dengan mengurangi ketebalan lapisan stratum korneum yaitu dengan melarutkan desmosom antar sel untuk pengelupasan kulit.

Menaikkan berat badan

Susu kambing PE memiliki kadar lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu kambing bangsa lain seperti Saanen dan Alpine. Kandungan lemak dalam susu adalah komponen terpenting disamping protein yang mempengaruhi kenaikan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan system imun

Tekstur susu kambing yang mudah dicerna membuat nutrisinya yang tinggi lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh. Beberapa bahan makanan ataupun minuman yang memiliki tekstur yang mudah diserap oleh tubuh akan membantu melancarkan sistem metabolisme oleh tubuh tanpa harus menyusahkan sistem pencernaan untuk bersusah payah mencerna makanan.

Mencegah stress

Kandungan zinc dan magnesiumnya akan memperkuat jaringan saraf. Sehingga mengurasi resiko terjadinya stress atau permasalahan pada jaringan saraf.

Alternatif asupan susu bagi penderita yang alergi susu sapi

Dibandingkan dengan susu sapi, kandungan protein kasein dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia. Kandungan laktosa susu kambing juga paling rendah dibandingkan dengan susu lainnya, sehingga bisa dikonsumsi pemilik intoleransi laktosa.

Melancarkan produksi ASI

Karena kandungan kalsium susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi, tentunya susu kambing baik dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan. Pada masa ini janin membutukan kalsium untuk menguatkan dan pembentukan tulang.

Membantu meningkatkan kecerdasan otak

Jika dikonsumsi secara rutin, susu kambing untuk menjaga kesehatan otak Anda agar tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3 yang terdapat didalamnya. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf tubuh.

Membantu penderita diabetes

Dalam proteinnya, susu kambing mengandung alfa – betha kasein dan asam
amino esensial lainnya. Kandungan tersebut sangat membantu penderita diabetes dalam pembentukan insulin.

balas
1
Hubungi kami
hai, ada yang bisa kami bantu?
Powered by